Sign up with your email address to be the first

CARA MEMILAH SAMPAH RUMAH TANGGA

admin By Posted on 0 0 m read 20 views

#PlasticFreeJulyWithKKI

Tahap pertama dalam mengurangi sampah adalah dengan mengenali sampah yang biasa kita hasilkan sehari-hari.

  1. Pertama-tama, evaluasi sampah di rumah. Lihat, apa saja jenis sampah yang ada. Dengan begitu kita akan tahu apa yang harus kita kurangi.
  2. Selanjutnya, pisahkan tempat sampah organik dan anorganik.
    Sampah organik adalah sampah yang dapat terurai secara alami (biodegradable). Disebut juga sebagai sampah basah. Contohnya sisa makanan, kertas dan daun-daunan.
    ✅ Penanganan sampah organik skala rumah tangga diantaranya dengan membuat kompos dan lubang biopori (detail akan disampaikan di materi tersendiri)Sampah anorganik adalah sampah yang terdiri dari bahan-bahan yang sulit terurai secara biologis dan proses penghancurannya membutuhkan penanganan serta tempat khusus. Contohnya: plastik, kaleng, pembalut, pospak, kaca dan styrofoam. Sampah jenis ini juga biasa disebut sampah kering.
  3. Klasifikasikan lagi sampah anorganik menjadi beberapa kelompok. Pembagian klasifikasi sampah anorganik ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan cara penanganan. Beberapa negara bahkan menetapkan klasifikasi secara nasional dengan cara menyediakan beberapa jenis tempat sampah yang berbeda.

Secara umum, klasifikasi sampah kering dapat dibagi sebagai berikut:

  1. Botol plastik kemasan berwarna
  2. Botol/cup plastik kemasan bening
  3. Plastik pecahan barang2 yang rusak
  4. Kardus tebal (cardboard)
  5. Kertas
  6. Plastik kemasan yang bisa didaur ulang seperti bungkus sabun cair
  7. Sampah elektronik
  8. Sampah logam (seperti besi dan seng)
  9. Kain
  10. Kaca
  11. Sampah yang tidak punya nilai jual
    ✅No 1-5 biasanya diterima oleh bank sampah.
    ✅No 4-5 bisa diberikan ke pemulung atau dijual ke pengepul.
    ✅No 6 bisa diberikan ke yayasan/komunitas yang mendaur ulang plastik kemasan menjadi sesuatu yang punya nilai jual seperti tas, dompet dan aksesoris.
    ✅No 7 dan 8 bisa didaur ulang, cari info drop off points untuk membuang sampah elektronik dan logam. Biasanya di service center elektronik atau pengepul limbah elektronik dan logam.
    ✅No 9 diserahkan ke tempat daur ulang. Beberapa brand pakaian menerima sampah kain untuk didaur ulang. Selain itu dapat juga diserahkan ke shelter hewan. Biasanya digunakan untuk alas hewan/untuk bersih-bersih kandang.
    ✅ No 10 bisa didaur ulang. Biasanya ada pemulung dan pengepul sampah kaca.

Beberapa lembaga konservasi ada juga yang menerima sampah jenis tertentu untuk dapat dimanfaatkan kembali (repurpose). Contohnya sikat gigi bekas digunakan untuk memandikan bayi hewan 🐕🐩🐈.

Kenali, kenali dan kenali ☝🏻. Karena kalau tidak kenal jenis sampahnya, maka dikhawatirkan salah penanganannya. Contohnya sikat gigi bambu dengan bulu sikat nylon. Bila tidak tahu kalau bulunya adalah nylon, maka akan dianggap bisa dikompos semuanya, padahal tidak.

——————-

Yuk kita evaluasi sampah di rumah lalu klasifikasikan sesuai kelompok dan cara penanganannya 😉

Bagaimana kondisi dan penanganan sampah di rumah teman-teman selama ini? Apakah ada ide-ide lain untuk mengklasifikasi dan menangani sampah? Mari kita sharing 😃

Salam spark joy ✨

-KKI-

berbagai sumber

No Comments Yet.

What do you think?

Your email address will not be published. Required fields are marked *