Sign up with your email address to be the first

ALTERNATIF TEMPAT MENYIMPAN MAKANAN SELAIN PLASTIK

admin By Posted on 0 0 m read 45 views

#PlasticFreeJulyWithKKI

 

Plastik bermacam-macan jenisnya. Salah satu cara mengetahui tingkat keamanan plastik adalah dengan mengecek kode recycling-nya (no 1-7). Untuk referensi dapat melihat gambar lampiran.

Biasanya, salah satu yang paling sering diperingatkan adalah ada tidaknya kandungan BPA. Walaupun hingga saat ini berbagai institusi pemerintahan, institusi kesehatan dan lembaga penelitian di dunia masih terus berbeda pendapat apakah BPA aman untuk manusia dan berapa standar keamanannya.

Selain itu, perbedaan pendapat juga masih terus bergulir terkait apakah BPA-free saja sudah cukup aman?

Plastik diketahui dapat leaching atau meluruhkan kandungan kimia sehingga dapat mengontaminasi makanan dan minuman yang ditampungnya. Jadi setiap kali kita menggunakan plastik dan mentransfer makanan dari plastik, akan selalu ada zat kimia yang terbawa walau sedikit. Hingga saat ini masih diperdebatkan dan terus diteliti apakah jumlah yang sedikit itu dapat memberikan efek yang berbahaya. Walaupun secara ilmiah hal ini masih diperdebatkan, namun, better safe than sorry kan? πŸ˜‰

Beberapa tips menggunakan wadah plastik untuk makanan :

  1. Cek label. Plastik yang dianggap aman (considerably safe) adalah dengan nomor 2, 4 dan 5. Nomor 1 terjadi perbedaan pendapat ada yang menyatakan cukup aman ada yang tidak. Dan beberapa menyatakan plastik dengan kode 1 sebaiknya tidak dipakai berkali-kali.
  2. Tidak memanaskan makanan menggunakan plastik.
  3. Hindari menyimpan makanan berminyak apalagi dalam keadaan panas karena akan meningkatkan risiko leaching.
  4. Jangan gunakan plastik yang sudah tergores/mengelupas/tampak kusam.
  5. Sebaiknya meminimalisir penggunaan plastik untuk makanan bayi dan anak-anak.

Beberapa alternatif pengganti plastik:

  1. Kaca
    Wadah kaca dianggap yang paling aman bila digunakan untuk menyimpan makanan. Namun, kekurangannya adalah mudah pecah. Untuk mengantisipasi bisa dengan menggunakan wadah kaca yang berbahan tebal.
  2. Stainless steel
    Digadang-gadang sebagai alternatif pengganti plastik yang paling sturdy. Namun, harganya lebih mahal dan tidak dapat menyimpan makanan yang asam terlalu lama.
  3. Silikon
    Memiliki sifat material yang mirip dengan plastik, silikon menjadi salah satu alternatif yang paling child-friendly. Selain itu dapat dibentuk bermacam-macam dari mulai kantong klip sampai kotak makan yang bisa dilipat. Namun, belum terlalu populer sehingga agak sulit dicari dan harganya juga masih cukup tinggi πŸ’Έ
  4. Kayu
    Eco-friendly dan terjangkau harganya.
  5. Kain
    Bisa untuk menyimpan makanan yang kering. Kekurangan tidak leak proof dan airtight. Bisa dibuat beeswax wrap sehingga waterproof.
  6. Daun
    Untuk membungkus makanan, dapat digunakan untuk mengalasi wadah plastik.

———————-

Di Indonesia, penggunaan plastik sebagai wadah makanan sangat tinggi dan populer. Hampir semua rumah memiliki. Bahkan tidak sedikit yang mengoleksi 🀭

Jadiiiiii… pilihan kembali ke masing-masing individu. Bila masih menggunakan plastik, lihat tips di atas πŸ˜‰. Gunakan plastik yang dianggap paling aman dan dengan cara yang aman πŸ‘ŒπŸ»

Salam spark joy ✨

-KKI-

dari berbagai sumber

No Comments Yet.

What do you think?

Your email address will not be published. Required fields are marked *