Sign up with your email address to be the first

Selamat Datang di

Pembukaan

Berawal dari hobi Khoirun Nikmah sejak kecil dalam hal beberes – kemudian mengenal metode KonMari. Setelah membaca buku yang berjudul the life-changing magic of tidying up dan mempraktikkannya, ia merasakan ada perubahan yang mencengangkan setelah selesai melakukan berbenah total ala konMari.

Maka dari itu Nikmah ingin menularkan hal positif ini agar semua orang juga merasakan yang sama seperti yang ia rasakan. Ia mencoba posting di facebooknya, ternyata antusiasme yang berminat belajar sangat banyak, maka sejak itu muncul ide untuk mengumpulkannya kedalam komunitas. Komunitaspun resmi dimulai dengan adanya kelas basic dengan peserta lebih dari seribu orang. Untuk mengantisipasi copyright metode, Aang Hudaya juga melakukan korespondensi ke konmari.org (Christina) untuk meminta izin sharing metode konMari pada masyarakat.

Apa itu KONMARI?

KonMari adalah metode yang ditemukan oleh Marie Kondo yang mendeklarasikan dirinya sebagai konsultan berbenah di Jepang sejak muda. Metode ini memiliki makna bahwa sejatinya beberes rumah sama dengan beberes diri, menata rumah sama dengan menata diri.

  1. Dengan fokus hanya menympan barang-barang yang menyenangkan (spark joy) maka akan membuat diri kita sukses move on dari masa lalu, sehingga kita bisa fokus pada kehidupan saat ini untuk mempersiapkan hari esok tanpa perlu mengkhawatirkan masa depan secara berlebihan.
  2. Keampuhan metode KonMari yang marak diterapkan di Jepang telah dikemas dalam program televisi laris, Tidy Up with KonMari! ini, telah menular ke seluruh dunia.
  3. Saking ampuhnya, tak seorang pun klien Marie Kondo kembali ke kebiasaan berantakan (dan untuk menjadi calon kliennya harus masuk daftar tunggu selama tiga bulan).

Kenapa bisa ampuh?

Karena filosofi dari konmari adalah menghadirkan barang yang memang menimbulkan rasa gembira, sedikit namun efektif serta membuat diri positif saat digunakan. Tidak sekedar fungsional, namun juga memiliki nilai nilai baik seperti sederhana, mudah dan secukupnya.

Sejarah Singkat Komunitas KonMari Indonesia

Komunitas ini dicetuskan resmi pada tanggal 14 Oktober 2017 bertepatan dengan dibukanya kelas basic free Batch 1 pada tiga grup whatsapp dengan peserta sekitar 750 orang. Kemudian dibuka kembali batch 2 pada bulan november sejumlah lima kelas (WAG 4 hingga WAG8). Terakhir dibuka bulan desember (terakhir) pada WAG 9 hingga WAG 15.

Adapun tim inti disini definisinya adalah orang-orang yang mensupport Khoirun Nikmah dan Aang Hudaya sejak awal komunitas ini dibentuk atau ada.

Siapakah tim inti Komunitas KonMari Indonesia?

  1. Khoirun Nikmah dan Aang Hudaya sebagai Founder

    Foto. Aang Hudaya & Khoirun Nikmah
  2. Bambang Achmadi dan Wanginingastuti sebagai co-founder. Dua orang ini adalah senior dari Khoirun Nikmah yang sejak awal siap meramaikan dan membantukomunitas konMari Indonesia.

    Foto. Bambang Achmadi & Wanginingastuti
  3. Akmalya Chairunnisa dan Putriana Indah Lestari adalah dua orang yang bergabung pada batch pertama yang di kemudian hari memberikan support penuh pada Khoirun Nikmah, membantu merealisasikan ide-ide yang ada.

    Foto. Akmalya dan Putriana

Apa saja jobdesk Tim Inti?

  1. Aang Hudaya sebagai Ketua Komunitas. Bertanggungjawab terhadap seluruh program yang berjalan. Di samping itu karena hobinya suka sharing secara offline maka segala hal yang berkaitan dengan kegiatan offline komunitas disusun olehnya.
  2. Khoirun Nikmah sebagai Koordinator Administrasi. Sebenarnya pekerjaannya bersifat umum, lebih kepada pengorganisasian komunitas. Mulai dari alur, database hingga yang berkaitan dengan kurikulum juga dipegang oleh Khoirun Nikmah. Selain itu, pada kelas intensif ia juga menyusun program serta mengisi sebagian materinya.
  3. Bambang Achmadi sebagai Koordinator Hubungan Masyarakat. Segala hal yang berkaitan dengan partnership, sponsorship dan perizinan dibawah kendalinya.
  4. Wanginingastuti Muthmainnah sebagai Koordinator Pengembangan Komunitas. Aktifitasnya lebih kepada pengembangan wilayah, membuka kepengurusan pada wilayah Provinsi serta desa dan kota.
  5. Putriana Indah Lestari sebagai Koordinator Kurikulum dan Kelas. Dengan kemampuannya serta wawasannya yang luas pada dunia literasi, Putri memilih berpartner bersama Khoirun Nikmah untuk bertanggungjawab terhadap keberlangsungan kelas online. Membuat isi materi kelas intensif serta mengisi materi pada challenge oleh komunitas.
  6. Akmalya Chairunnissa sebagai Koordinator Kreatif, sumbangsihnya sesuai dengan bakat serta kemampuan sebagai desainer ilustrator membuat Akmal/Nisa yang sejak awal menyukai metode konMari ini untuk membantu komunitas dalam hal kreativitas visual.

Logo Komunitas KonMari Indonesia

Logo awal komunitas dibuat seiring kelas trial (volunteer) pada tahun 2017 berjalan. Namun per bulan Juli 2018 Logo diganti lebih profesional oleh seorang programmer.

Logo 2017 – Juni 2018 (logo lama)

Logo (baru) – berlaku per Juli 2018

 

Filosofi logo terbaru :

  1. Huruf ‘K’ dan ‘I’ lebih dekat, berharap agar metode KonMari lebih banyak dikenal serta dekat di hati masyarakat Indonesia.
  2. Warna hijau disesuaikan dengan hijaunya Marie Kondo yang bermakna pertumbuhan lebih baik, fresh, berenergi, harmoni dan selaras dengan alam (environment).
  3. Warna putih bersih sesuai dengan konsep KonMari yang bersih, sederhana. Sedangkan warna merah pada lipatan I melambangkan merah Indonesia. Sesuai dengan bendera negara kita. Merah-putih.

Program Komunitas KonMari Indonesia

  1. Program Online utama adalah Kelas Intensif (shokyuu-chukyuu-jyokyuu). kelas ini merupakan hasl dari evaluasi kelas trial dan intensif gratis pada tahun 2017. kelas intensif terbaru dibuka pada januari 2018 (batch 1) dengan jumlah pendaftar 163 peserta. Shokyuu membahas metode konMri secara utuh, chukyuu pada level kedua lebih kepada bagaimana mengkonMari diri sendiri (sesuai dengan tagline komunitas “menata diri”) dan jyokyuu level ketiga ini lebih kepada menata negeri (kontribusi nyata untuk negeri). adapun program partnership biasanya kami diundang sebagai pengisi kelas singkat (kulwhap) atau waminar.
  2. Program Offline berupa sharing tatap muka berupa seminar, mini workshop, workshop, home visit dan talk show. Program ini bersifat kondisional.

Harapan kami, harapan kita… “Menata diri, Menata Negeri” berawal dari rumah, menata barang menggunakan metode konMari.

Semoga…dengan berada didalam komunitas ini kita mampu menebarkan energi positif untuk sekitar kita setelah beres berbenah secara total. Sehingga aktivitas gerak hidup kita tidak habis untuk berbenah berulang-ulang.

Bogor,7 Juli 2018

 

Salam spark joy!

Komunitas KonMari Indonesia


Link Media Social

Instagram : https://www.instagram.com/konmariindonesia/

Fans Page : https://web.facebook.com/KonmariIndonesiaCommunity/

Facebook Grup : https://www.facebook.com/groups/1549321415161336/

FJB KONMARI (forum jual beli) garage sale  : https://web.facebook.com/groups/1601286979936703/

Channel Telegram : https://t.me/konmariIndonesia

Telegram Group : https://t.me/joinchat/CVNFSw0gZftMibFR5VdtAA

Website : konmariindonesia.com