Festival Bebenah Telah Tiba!

Moment yang ditunggu-tunggu telah tiba.

Saat ini kelas Shokyuu KonMari Indonesia telah memulai serangkaian kegiatan Tidying Festival. Apa itu Tidying Festival?

Tidying Festival, atau Festival Bebenah adalah suatu kegiatan bebenah dengan waktu khusus yang bertujuan untuk melakukan kegiatan bebenah dengan suka cita, dan hanya sekali seumur hidup.

Festival Bebenah adalah bagian penting dari praktik metode KonMari. Marie Kondo, dijuluki sebagai wanita ter-rapi di dunia,  menyatakan dengan bangga bahwa ia tidak memiliki pelanggan setia. Mengklaim bahwa tidak ada client-nya yang kembali ke kondisi “berantakan” seperti sebelumnya, ini adalah bukti kesuksesan luar biasa dari metode KonMari.

Bebenah umumnya digambarkan sebagai kegiatan yang sama sekali tidak menyenangkan karena berhubungan dengan debu, kotoran, sampah, bahkan serangga (siapa tahu saja ada rayap di balik buku yang bertahun-tahun tidak pernah Anda baca). Tetapi, Festival Bebenah, dirancang untuk membuat bebenah menjadi menyenangkan.

Dalam buku Life Changing Magic of Tidying Up, dianjurkan untuk bebenah sambil mengenakan baju favorit, mendengarkan musik atau bunyi-bunyi yang disukai untuk relaksasi, sambil meneguk teh hangat. Saya sendiri memulainya dengan mendengarkan musik yang medium beat dan minum juice buah. Tergantung masing-masing orang, pilih hal-hal yang membuat mood anda selalu baik dan membuat Anda bisa mendengarkan suara hati.

Banyak hal yang bisa kita pelajari dari bebenah. Dan karena waktunya sudah dikhususkan, maka tidak ada lagi menunda-nunda. Dengan demikian, kita akan bersiap-siap menyongsong cahaya terang di balik tumpukan barang-barang kita. Ketika rumah kita sudah tertata rapi, hidup kita yang sebenarnya baru akan dimulai.

Jika Anda belum sempat membaca seri buku Marie Kondo, tidak perlu bingung, ada checklist yang bisa menjadi panduan dalam urut-urutan bebenah dan bisa diunduh di bawah ini:

Beberapa tips general dari Festival Bebenah ini:

  1. Define what “Joy” means to you. Sparks Joy bukan berarti hanya “memercikkan kebahagiaan”. Bisa jadi tidak semua barang yang memercikkan kebahagiaan buat Anda tapi Anda membutuhkannya. Atau Anda tidak bisa mendapatkan penggantinya. Atau tidak bisa mendapatkan pengganti secepat itu. Jika definisinya sempit, dikhawatirkan Anda akan merelasikan ini dengan rasa bosan, dan hanya ingin mengganti barang lama dengan barang baru. Metode KonMari sangat jauh dari konsumtif. Sparks Joy bisa muncul dari rasa bersyukur dan rasa berkebutuhan yang kuat. Know what you have, know what love, know what you need, then define what Joy means to you.
  2. Benahi mental. Mungkin ini terdengar teoritis. Tapi, Anda akan menghadapi tumpukan masa lalu Anda ketika bebenah. Mengatakan selamat tinggal dengan mantap kepadanya untuk selanjutnya bisa melangkah lebih baik. Siapkan mental dan fokus kepada hal baik dan menyenangkan untuk disimpan. Jangan fokus kepada membuang saja. Definisi Sparks Joy tidak sempit. Ia bisa semakin luas, berbanding lurus dengan jumlah barang yang dimiliki. Di posting selanjutnya tentang bebenah pakaian, akan ada contoh mengenai hal ini.
  3. Checklist semua lokasi barang-barang Anda berdasarkan kategori. Jika Anda menyimpan pakaian di lebih dari satu tempat, catat dimana saja lokasinya dan kumpulkan semua di satu tempat ketika Anda mulai mensortir.
  4. Mulai berurutan berdasarkan kategori. Penting untuk memulai dari yang termudah hingga yang tersulit. Karena selama proses bebenah, Joy Check skill kita akan terasah.
  5. Jangan menunda-nunda men-sortir satu kategori sebelum beralih ke kategori berikutnya
  6. Siapkan kotak penyimpanan sementara yang ada di rumah, atau kardus baru (saya tidak menyarankan kardus bekas karena kotor). Jika ingin menggunakan kotak sepatu untuk penyimpanan sementara, lapisi dengan kertas kado yang menarik.
  7. Jangan ajak orang yang sekiranya akan mengganggu konsentrasi kita. Orang yang belum mengerti arti Sparks Joy, mungkin akan membujuk kita untuk menyimpan barang yang sudah kita masukkan ke dalam kotak “Not Joy“.
  8. Gunakan hati dan insting, lalu logika. Singkirkan barang yang tidak memenuhi kriteria sparks joy Anda tanpa ragu. Ini adalah esensi dari metode KonMari. 

Minggu pertama akan dimulai dengan bebenah pakaian. Ikuti tips sukses bebenah pakaian berikut ini untuk mengatasi dilema-dilema Anda saat mengecek kadar Joy dalam pakaian Anda.

Mari kita sambut periode Festival Bebenah ini dengan suka cita!

Tiara Astari

Kontributor & Admin website KonMari Indonesia

Sumber:

Life Changing Magic of Tidying Up, Marie Kondo 2011

Makinglemonade.blog.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *