Sign up with your email address to be the first

Digital

admin By Posted on 0 4 m read 112 views

KonMari SmartPhone

 

  1. Backup

Tidak seperti tidying barang rumah tangga secara fisik dimana kita dapat mengambil segala sesuatunya secara nyata. Kita bisa menyentuhnya satu per satu dari tumpukan yang sudah digelar, atau juga bisa memungut kembali barang yang meragukan pada waktu proses berjalan. Pada Smartphone sungguh berbeda.

Anda bisa saja berubah pikiran setelah menghapus file disana. Namun tidak akan bisa kembali lagi sebab apa yang sudah Anda delete (hapus) itu akan hilang secara permanen. Kecuali Anda membuat backup- cadangan otomatis secara teratur ( misalnya mencadangkan file ke cloud) pada smartphone Anda.

Jadi sebelum Anda mulai menghapus file, BACKUP file terlebih dahulu. Misalnya seperti foto dan video. Saat Anda menyelesaikan proses sortir, Anda dapat menyimpan yang spark joy dan menghapus yang lama.

 

  1. Kelompokkan file

Untuk memudahkan pencarian, Anda bisa melakkan pengelompokan file. Caranya sentuh dan tahan aplikasi sampai bergoyang, lalu tahan dan seret aplikasi ke aplikasi lain untuk membuat sebuah folder. Mengapa Anda harus mengelompokkan aplikasi ke dalam folder? Sebab hal tersebut akan membantu Anda memvisualisasikan berapa banyak aplikasi yang Anda miliki dalam satu kategori. Seringkali aplikasi dalam kategori yang sama memiliki fungsi yang tumpang tindih.

Setelah Anda melihat semuanya bersama-sama, akan jauh lebih mudah untuk memutuskan yang mana yang pergi dan yang mana yang tetap.

Ini adalah contoh beberapa folder yang paling sering digunakan.

  • Message (WhatsApp, Messenger, Google Voice, Skype, LINE, Telegram, Facetime)
  • Foto (Foto, Kamera +, Picasa, Flickr, dan Editor Foto)
  • Video (Video, YouTube, Podcast, Funimate)
  • Musik (Pandora, Spotify, iTunes Store, Shazam)
  • Web browser (Safari, Chrome, Mercury)
  • Shopping (Lazada, shopee, bukalapak, Amazon, Tokopedia, JD.id dll)
  • Media Sosial (Facebook, Twitter, Linkd id, Pinterest, Instagram)
  • Email (Gmail, Yahoo, Outlook)
  • To Do (Catatan, Pengingat, Trello, Evernotes)
  • Reading (Google book, Kindle, Kobo, Newstand, ibook)
  • Keuangan (aplikasi mobile banking, flip)
  • Hobi/minat : Travelling (Uber, Kayak, Expedia, Tripadvisor, Airbnb) | Blog (blogger, wordpress, Tumblr, dll)

 

  1. Hapus aplikasi secara intens.

Setelah semuanya terkumpul, cek satu persatu, mana sajakah yang masih aktif dan digunakan. Hapus aplikasi yang tidak digunakan dan tidak spark joy menurut Anda. Prinsipnya sama seperti benda sentimental, yakni mulailah dari aplikasi yang paling mudah dibuang. Kemudian Hapus secara permanen.

Direkomendasikan untuk decluttering Musik, Foto, Media Sosial, Email di desktop Anda terlebih dahulu. Karena lebih mudah untuk menavigasi pada layar yang lebih besar dan menghapus secara massal. Sebabnya file-file tersebut juga merupakan folder yang paling banyak menghabiskan waktu.

Marie Kondo mnegatakan, “Lakukan seperti saat Anda Tidying Festival”

Caranya :

  • Messages – Hapus semua percakapan kecuali yang terbaru (dalam 2 minggu)
  • Web Browser – Go to Bookmarks / Daftar Bacaan / Favorit dan bersihkan semuanya, kecuali yang benar-benar Anda gunakan secara teratur. Kemudian masuk ke History dan hapus semua.
  • Reading – Hapus buku yang tidak Anda baca SEKARANG (bagi yang menyimpan e-book di smartphone).
  • Hobi/ Minat: Perjalanan / Belanja / Blog / Makanan / Permainan
  • To Do – Hapus sebanyak mungkin hal yang tidak perlu, bukan prioritas. Hal itu akan terasa sangat membebaskan. Simpan saja yang benar-benar penting bagi Anda dan luangkan waktu kemudian untuk merencanakan bagaimana mencapainya.
  • Kontak – Jangan takut untuk menghapus chat kontak (biasanya menu wapri pada whatsapp) karena Anda selalu dapat menjangkau mereka kembali.
  • Media Sosial (Desktop) – Berhenti mengikuti / tidak berteman dengan orang atau entitas yang berinteraksi lebih lama dengan Anda. Ingat, kualitas waktu Anda, bukan kuantitas. Hidup ini sudah sangat sibuk, jangan menambah kesibukan yang tidak perlu. Kita tidak perlu melihat sesuatu yang mengganggu (pikiran) bukan.

Sebagai tambahan, ini ada beberapa kiat tambahan untuk menata ulang media sosial Anda.

  • Twitter – matikan semua notifikasi Web dan Email di bawah Pengaturan.
  • Facebook – berhenti berlangganan posting tertentu dengan cara klik Unfollow .
  • Pinterest – menyusun alfabet papan Pinterest Anda dan menggunakan kata kunci dalam deskripsi
  • LinkedIn – putuskan hubungan kontak dengan mengklik Sambungan – klik Centang kotak di samping kontak – klik Hapus Kontak di bagian atas. Kelola koneksi Anda dengan menambahkan Tag Khusus (teman / teman sekelas / anggota grup / rekan / mitra) untuk membantu Anda memfilter dan mengidentifikasi koneksi Anda dengan lebih mudah di masa mendatang.
  • Musik – Rapikan lagu Anda dan atur menjadi daftar putar.
  • Foto- Simpan hanya aplikasi pengeditan foto terbaik dan kemudian cek album foto Anda satu demi satu. Simpan hanya foto-foto yang membuat Anda senang ketika Anda melihatnya. Kemudian mengaturnya ke dalam folder berdasarkan tanggal dan judul acara (jika ada). Misalnya, di bawah folder 2015-09 , Anda akan menemukan semua foto yang diambil pada bulan September 2015. Jika ada acara khusus pada bulan September, kelompokkan foto-foto ke dalam sub-folder seperti 2015-09-04.
  • Email (Desktop)- Arsipkan kotak masuk yang penting.

 

  1. Otomatisasi Smartphone

Untuk mencegah double kontak (save nomor) gunakan mergeaccounts pada fitur bawaan smartphone Anda. Jika tidak ada, Anda bisa menggunakan Gmail. Untuk menghapus kontak ganda dengan menggunakan Gmail, cukup buka akun Gmail Anda dari PC, lalu pilih menu “Contacts” dari menu Gmail yang ada di sebelah kiri. Dari sana pilih menu “More” dan pilih “Find & Merge Duplicates”. Setelah itu, pilih kontak yang akan digabungkan dan klik tombol “Merge” untuk menghapus kontak ganda Anda. Perlu diingat bahwa metode ini hanya akan berfungsi bila Anda melakukan sinkronisasi kontak dengan akun Google Anda.

Pun demikian saat Anda melakukan take a photo. Segera hapus foto ganda atau yang ‘reject’ -tidak digunakan- pada Android Anda saat itu juga.

 

  1. Backup Secara Rutin

Unggah dan cadangkan file penting ke program penyimpanan cloud ( iCloud / Google+ Foto / Google Drive /Dropbox ) secara rutin.

 

  1. Jaga perangkat Smartphone Anda dari berbagai benturan

Lindungi smartphone Anda dengan menggunakan screen guard dan slipcase. Tidak perlu yang mahal atau berbentuk aneh, terpenting saat Anda melihat smartphone merasa nyaman dan terlindungi.

 

  1. Bersihkan bagian luar

Langkah terakhir, selalu sempatkan diri untuk membersihkan screen smartphone Anda. Caranya cukup buat larutan setengah cuka dan setengah air. Basahi kain dengan larutan dan bersihkan ponsel dan casing ponsel Anda.

No Comments Yet.

What do you think?

Your email address will not be published. Required fields are marked *